Rabu, 21 Maret 2012

Tata Cara Bertanam Gaharu


PENGENALAN DAN CARA BERTANAM GAHARU (aquilaria.sp)
Gaharu (aquilaria beccariana, malacensis, microcarpa dan sejenisnya) : 
Bersihkan Lahan untuk keperluan pembuatan Lobang, untuk memudahkan penanganan sebaiknya dilakukan pengajiran/patok dengan dimensi sesuai keinginan (pengalaman 5 x 5 meter). Galilah   tanah lobang Ukuran 50 x 50 x 50 Cm. Pisahkan antara tanah galian atas dan tanah galian bawah biarkan selama ± 15 hari. Siapkan pupuk kandang atau kompos yang akan menggantikan tanah bawah/dimasukkan terlebih dahulu. Kemudian ambil bibit Gaharu yang siap tanam sobek dan buang pembungkus/polybag dan tutup tanah galian seperti biasa. (bibit sebaiknya sudah ditempatkan di lokasi kebun   2 minggu sebelum ditanam dan menanam pada sore hari dimusim hujan).
Disarankan penanaman gaharu berdampingan dengan tanaman lain seperti pisang, karet, kopi, kelapa dan lain-lain. Untuk kebun monokultur/terbuka Buatlah atap pelindung dari daun ilalang/karung plastik hingga tanaman berumur 18 bulan.. Kebutuhan pupuk relatif kecil yakni NPK 10 – 50 gr / 6 bulan. Jika tanaman sudah terjangkit mikoreza maka tidak banyak memerlukan pupuk..
Tips Pemeliharaan Yang Baik:
1.   Lobang Paling bawah waktu menanam diisi pupuk kandang/kompos.
2.   Awal musim hujan dan awal kemarau perlu diberi Pupuk NPK tablet 10-50 gr pohon.
3.   Akhir musim hujan/awal musim kemarau tanaman perlu di-dangir / dibersihkan rumput sekitarnya untuk mencegah kebakaran.
Bibit Gaharu Reguler mulai Rp 5.000.-/pohon, (FOB Barabai jumlah banyak discount.
  Bibit Gaharu Kontrak mulai Rp 25.000.-/pohon, (FOB Kebun Pemilik)...
Bibit Gaharu Terinokulasi Alam mulai Rp 3.000.000.-/Pot

2 komentar:

  1. Saya baru menanam gaharu, tetapi saya tidak kasih pelindung. setelah 4 - 5 hari, banyak bibit yang layu. Setelah itu saya kasih pelindung, yaitu pelepah sawit. Nampaknya beberapa tanaman yang sempat layu, muncul tunas baru. Apa lagi yg perlu saya lakukan supaya tanaman tidak pada mati...?
    Di nomor HP berapa Bapak/ Ibu bisa saya telepon? saya di 0813-7162-1083 (Berlianto)

    BalasHapus
  2. ya pak kalau tahun pertama tanaman gaharu perlu pelindung yang bagus pohon pisang HP saya 0811519401 tks nama saya muhammad Yani tks telah berkunjung dan koment blog saya tks

    BalasHapus